Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tips langkah-langkah sukses memelihara ayam broiler | DuniaSaja.com


DUNIASAJA.COM Peternakkan ayam broiler atau yang disebut juga ayam ras pedaging adalah merupakan sejenis ras ayam unggulan yang hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam itu sendiri.

Keunggulan ayam broiler antara lain ialah memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dengan bobot badan yang sangat tinggi dalam waktu yang relatif pendek, konversi pakan kecil, siap dipotong pada usia muda serta menghasilkan kualitas daging yang empuk dan berserat lunak.      

Berikut ini adalah Langkah – langkah ketika masa pemeliharaan Ayam Broiler Berikut ini cara persiapan ternak. Dan langkah-langkah ketika pemeliharaan.

Tips Pemeliharaan Berdasarkan Umur Ada beberapa cara dan proses yang harus dilakukan dalam memelihara ayam pedaging supaya hasil daging bisa berkualitas. 

Oleh Karena itu, peternak perlu mengawasi kondisi ayam dari waktu ke waktu secara rutin. Beberapa langkah tersebut bisa peternak ikuti dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Pada saat bibit ayam diterima, ayam akan terlihat lemas dan kelelahan akibat perjalanan. Untuk mengembalikan kondisi ayam, bisa menambahkan vitamin berupa Viterna Plus supaya ayam kembali fit.

2. Saat minggu pertama, bibit ayam pedaging harus masuk dalam inkubator atau bisa juga menggunakan indukan. 3. Langsung berikan pakan dan minum air hangat dengan jenis pakan crumbles (butiran).

4. Untuk minggu kedua, suhu pemanas kandang bisa dikurangi dan jenis pakan yang digunakan masih berjenis crumbles (butiran).

5. Sedangkan pada hari ke-15 atau minggu ketiga, bibit ayam sudah tidak membutuhkan pemanas kandang.

6. Hari ke-22 atau minggu keempat, bulu ayam akan mulai tumbuh sehingga kebutuhan pakan bertambah sebanyak 2 kali lipat.

7. Untuk minggu kelima dan seterusnya, pembersihan kandang harus dilakukan dengan teratur sebab ayam sudah mulai menghasilkan kotoran yang banyak.

Setelah cara semua di atas di terapkan maka, langkah selanjutanya dilakukan seperti biasa memberi pakan, pembersihan kandang supaya kesehatan dan kualitas ayam tetap terjaga dan tiba sampai saat usia panen yang peternak inginkan dan sesuai dengan berat badan ayam yang diinginkan peternak untuk di panen.

sekian tutorial Langkah – langkah ketika masa pemeliharaan Ayam Broiler kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca jangan lupa beri komentar dan saran yang baik untuk membangun web ini lebih baik lagi kedepanya.

 

(SH)

 

 

Post a Comment

0 Comments

NEGOSIASI DAN MANAJEMEN KONFLIK | DuniaSaja.com