Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cara Alami Membuat Tanah Sehat Dan Subur Tanaman Sehat | DuniaSaja.com


DUNIASAJA.COM-Ada pepatah mengatakan sebaiknya bertindak di awal sebelum melakukan kesalahan di akhir.

Saat ini sebuah desa didalam nya memiliki kelompok tani sedang membuat kontribusi untuk membuat program yaitu agen hayati, yang mana agen hayati ini sangat di butuhkan di masyarakat khususnya petani namun belum banyak di kenal atau di ketahui oleh masyarakat dan juga hal baru.

Agen hayati bukanlah sebuah pestisida, akan tetapi agen hayati adalah merupakan bagian dari agro ekosistem yang perlu di aplikasikan dengan tanaman, baik itu penanaman benih, pindah tanam, sampai dengan panen.

Hal tersebut di atas mengapa kita harus menggunakan sebuah perogram agen hayati ini, dikarenakan agar semua jenis tanaman di budidayakan akan lebih kuat terhadap dari serangan khususnya hama-hama dan dari penyakit lainnya.

Karena kandungan organik di dalam tanah kita kurang dari 3% sementara di butuhkan adalah 5% oleh karena itu perlu kiranya untuk penanaman cabai, tomat,terong dan sebagainya untuk berkelaborasi dengan trichoderma.

Cara pembuatan trichoderma yaitu berbahan bekas gergaji kayu lunak yang sudah hilang getah nya, selanjutnya dengan bekatul, sedikit bulumit, sedikit gula. Untuk menambah mikroba dan protein di dalam tanah.

Setelah bahan di siapkan selanjutnya di aduk rata semuanya di tambah dengan air sedikit kemudian masukkan kedalam bungkus plastik seperempat, setelah itu masukkan kedalam pengukus atau dandang dan di tunggu selama 100 menit setelah itu didinginkan, kemudian siapkan bibit tanaman atau F1 untuk pembuatan trichoderma.

Setelah itu masukkan kedalam pupuk organik yang sudah di permentasi dan di campurkan dengan trichoderma yang sudah  kita buat tadi hingga merata.

Mengapa kita para petani perlu melakukan itu atau disebut juga dengan agen hayati lebih awal terhadap penanaman sebuah bibit tanaman di karenakan supaya tanaman tidak mudah di serang hama dan terjangkit penyakit, mencegah lebih baik dari pada mengobati oleh karena itulah untuk mendukung kualitas tanah yang sehat baik dan subur maka kita perlu melakukan langkah-langkah agen hayati dan trichoderma yang telah kita jelaskan di atas - dikutip dari Chanel Yutub CapCapung.


(SH)

Post a Comment

0 Comments

NEGOSIASI DAN MANAJEMEN KONFLIK | DuniaSaja.com