Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Minyak Kayu Putih Terbukti Bisa Membuat Minyak Kendaraan irit | DuniaSaja.com


DUNIASAJA.COM-
Minyak kayu putih dapat dihasilkan melalui hasil penyulingan daun juga ranting kayu putih yang merupakan metabolit sekunder yang dapat dihasilkan oleh pohon minyak kayu putih tersebut. 

Minyak kayu putih merupakan sebuah minyak yang sangat atsiri ini dapat juga dipakai sebagai minyak untuk pengobatan, dapat dikonsumsi per oral atau, lebih umum, dapat dibalutkan ke bagian tubuh tertentu yang ingin di baluti dengan minyak kayu putih atau yang sendang mengalami kondisi yang kurang baik. 

Dapat dilihat penggunaan minyak kayu putih sebagai aditif bensin juga pernah diteliti dan dijadikan thesis oleh seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam di Malang.

Judul proposal penelitiannya tersebut ialah: Pengaruh campuran minyak kayu putih pada petralite terhadap kinerja motor bensin honda supra X 125 R.

Telah diterangkan di dalam karya ilmiah tersebut, minyak kayu putih sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan efisiensi pembakaran di dalam mesin dan dapat juga mengurangi pencemaran polusi udara.

Cara-caranya yaitu dengan memformulasi bahan bakar dengan zat aditif supaya berfungsi sebagai memperkaya kandungan oksigen didalam sebuah bahan bakar, minyak kayu putih juga dijadikan sebagai bioaditif karena minyak kayu putih memiliki sifat yang larut dalam bahan bakar tersebut.

Tips yang digunakan dalam penelitian mahasiswa tersebut adalah experimental nyata dengan model analisis varian.

Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pertalite murni, campuran pertalite dan minyak kayu putih 2 ml, 4 ml, 6 ml dan 8 ml, variabel terikat dalam penelitian ini adalah torsi, daya, konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang.

Hasil penelitian menunjukan pengaruh pencampuran aditif minyak kayu putih pada bahan bakar Pertalite terhadap peforma motor bakar, konsumsi motor bakar serta emisi gas yang dihasilkan, secara umum penambahan zat aditif minyak kayu putih menunjukan perbaikan performa diantaranya torsi dan daya mesin yang lebih baik.

Dapat dilihat menurunkan konsumsi bahan bakar di bandingkan memakai pertalite murni seta menghasilkan nilai gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai kesimpulan dari penelitian tersebut, dengan menambahkan zat aditif minyak kayu putih sebesar 4 ml dalam 1 liter bensin menaikan performa motor bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar, campuran Pertalite dan minyak kayu putih 8 ml menurunkan kadar CO dan HC secara drastis pada sepeda motor, motor hemat pulusi dapat berkurang.



(SH)



Post a Comment

0 Comments

NEGOSIASI DAN MANAJEMEN KONFLIK | DuniaSaja.com